Gambar ikan koi termahal di dunia yang pernah ada

Ikan koi yang bagus tentu harganya mahal. Lalu jenis apa yang berpotensi mahal?

Sebenarnya semua jenis ikan koi yang telah disebutkan pada tulisan terdahulu, memiliki potensi mencapai harga yang bagus jika memiliki kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan. Hanya saja, memang banyak faktor dalam hal ini. Simak juga alasan lain mengapa ikan koi populer dan mahal.

Berikut ini adalah beberapa ikan koi dalam kategori termahal yang mungkin bisa kita pelajari sebagai studi kasus.

Ginrin Showa termahal sepanjang masa

Ikan koi ginrin showa termahal

Ikan koi ginrin showa termahal

Seorang penangkar koi di Jepang memelihara koi ginrin showa hingga berusia 15 tahun. Panjangnya mencapai 76 cm. Simak artikel terkait tentang jenis-jenis ikan koi.

Ikan ginrin showa ini telah menjuarai berbagai kontes ikan koi bergengsi di Jepang. Ia bergelar Supreme championship nasional dengan menjuarai kontes-kontes itu, yaitu kontes pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980.

Jadi ikan termahal dari jenis showa, yaitu ginrin showa.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi ikan koi di group FB Diskusi Ikan Koi

Bergabung Group, KLIK

Ikan ini terjual pada tahun 1986, senilai 50.000 poundsterling, yang setara dengan 17 juta yen, atau setara dengan 425 juta rupiah dengan kurs rupiah saat itu. Ikan ini dibeli oleh Derry Evans, yaitu seorang pemilik Kent Koi Center di sebuah kota di dekat Sevenoaks, Inggris.

Jika dinilai sekarang, ikan ini senilai Rp. 1,8 milyar.

Sayangnya, 5 bulan setelah pindah ke Inggris, ikan ini mati.

Blue showa

Blue Showa termahal

Blue Showa termahal

Ikan koi dari jenis blue showa ini memiliki panjang 40 cm, pada usia yang belum genap 1 tahun. Ikan ini berasal dari seorang breeder koi terkenal dari Narita Koi Farms di Jepang.

Ikan koi dilelang pada tanggal 22 april 2014, di Farm Dainichi Koi. Tepatnya ini adalah lelang tahunan keenam yang dilaksanakan.

Acara lelang ini memang sudah sangat terkenal. Sehingga para peserta lelang berani membayar mahal untuk ikan koi yang memiliki kualitas super.

Dalam lelang ini, blue showa ini mencapat harga tertingginya yaitu 7 juta yen jepang, atau setara dengan 700 juta dengan kurs saat itu.

Pemenang lelang atau pembelinya adalah Koikichi fish dari Thailand.

Sansai Sanke

Ikan koi sansai sanke termahal

Ikan koi sansai sanke termahal

Ikan koi sansai sanke ini terjual dengan harga 1 jt yen atau setara dengan 100 juta rupiah pada lelang di Sakai Fish Farm Jepang.

Ikan ini memiliki panjang 71 cm dan telah berusia 3 tahun.

Dainichi Showa

Koi termahal Dainichi Showa

Koi termahal Dainichi Showa

Ikan koi ini terjual dengan harga 21,5 juta yen, atau setara dengan 2,15 milyar rupiah. Ikan ini dalam jenis Nisai Showa yang indah berasal dari keturunan Oyagoi “Gacchami”. Lelang ikan ini dilaksanakan pada 27 Nopember 2013.

Maruten Kohaku

Ikan Koi Maruten Kohaku termahal

Ikan Koi Maruten Kohaku termahal

Lelang di Niigata Jepang pada tanggal 9 Nopember 2010, juga telah mencatat rekor koi termahal lainnya. Dari jenis Kohaku Dainichi jenis kelamin betina, dengan panjang 63 cm, Sansai, bloodline XJR. Ikan koi terjual dengan harga 11 juta yen, atau setara dengan 1,1 milyar rupiah saat itu.

Penangkapan ikan termahal maruten kohaku seharga 11 juta yen

Penangkapan ikan termahal maruten kohaku seharga 11 juta yen

 

Pemenang lelang termahal ikan koi Maruten Kohaku yang indah

Pemenang lelang termahal ikan koi Maruten Kohaku yang indah

 

Black Dragon

Salah satu ikan koi termahal yang pernah ada adalah ikan koi yang bernama black dragon. Koi ini berusia 2 tahun, jenis kelamin betina, dan panjang 57 cm.

Koi termahal Black Dragon

Koi termahal Black Dragon

Berapa ikan koi ini terjual?

26 juta yen. Yaitu setara dengan Rp. 2,68 milyar.

Ikan koi terjual dalam sebuah even lelang koi di Momotaro farm, Okayama, Jepang.

Apakah penyebabnya ikan koi ini bisa terjual begitu mahal?

Momotaro farm adalah breeder ikan koi yang cukup ternama. Ini adalah farm terbesar di Jepang. Tentu saja memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam membiakkan ikan koi berkualitas super.

Segudang fasilitas juga terdapat di kolam breeder ini. Para ahli di dalamnya telah banyak melahirkan gelar grand champion pada berbagai kontes ikan koi yang telah diselenggarakan.

Breeder ini juga dilengkapi dengan peran Sakai dan Dainichi, yang telah sangat terkenal memiliki indukan dengan blood line, yang juga telah banyak melahirkan para grand champion.

Hal inilah salah satu faktor yang menyebabkan mengapa lelang black dragon bisa mencapai harga yang fantastis itu.

Hal lain juga turut menjadi faktor penting dari terjualnya black dragon ini dengan harga selangit, yaitu dari faktor ikan itu sendiri.

Black dragon berasal dari indukan-indukan yang berkualitas. Sehingga ikan ini memiliki faktor genetis yang tidak diragukan lagi. Rekam jejak panjang indukan berkualitas ini benar-benar terjaga kemurniannya. Baik dari segi rekam jejak keturunan, rekam histori kolam, pakan, air, dan nutrisi bagi ikannya.

Faktor bentuk tubuh yang menyerupai torpedo dari black dragon, juga sangat menentukan ikan ini dapat terjual dengan harga mahal. Massa tubuhnya penuh dari depan sampai belakang. Terlihat hampir sempurna tiada cacat.

Black dragon

Black dragon

Corak warna black dragon yang bagus dan teratur, juga rapi. Juga menjadi salah satu faktor penting.

Coraknya tidak acak-acakan dan mengikuti standart penilaian kontes ikan koi di Jepang.

Kualitas corak ikan koi yang luar biasa, tampaknya membuat ikan koi ini sangat disukai. Tak hanya itu, corak warna ini akan semakin bagus seiring dengan usia ikan koi. Pandangan ke depan ini juga memicu melangitnya harganya.

Kondisi kolam yang bagus di Momotaro farm juga sangat penting untuk mendongkrak harganya. Kualitas air yang bagus yang sangat diperhatikan oleh kebanyakan breeder dari Jepang.

Biasanya breeder-breeder dari Jepang memiliki sarana pengolahan sumber air yang bisa menelan biaya cukup mahal.

Operasional yang tinggi dari perawatan ikan koi black dragon ini juga memicu dan menjadi faktor penentu dari mahalnya koi.

Nutrisi yang baik, dan perawatan yang baik tentu tidak murah. Ikan koi terbaik terlahir dari nutrisi dan keahlian dalam perawatan ikan koi.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi faktor penyebab salah satu ikan koi termahal black dragon di Jepang tersebut.

Semoga ini dapat menginspirasi kita semua, terutama para pecinta ikan koi di tanah air.

Menarik bukan. Ternyata, meskipun hanya seekor ikan hias, tetapi jenis ikan koi bisa mencapai harga yang tinggi.

Ikan koi adalah ikan hias yang dikenal sebagai ikan terindah. Sehingga wajar ikan koi dikenal sebagai the living jewels, yaitu permata yang hidup.

Pengembangan dan pembudidayaan ikan koi memang memerlukan ketelitian yang tinggi. Melahirkan koi-koi super tidak hanya butuh waktu yang sebentar. Rekam jejak keturunan, perawatan, dan kolam membutuhkan keakuratan yang tinggi. Sehingga berbagai kajian dan pembahasan mengenai ikan koi harus terus dilakukan.

Simak juga mengenai teknik kolam ikan koi yang baik dalam artikel sebelumnya, Kolam ikan.

Pengalaman demi pengalaman breeder yang saling dipertukarkan diharapkan semakin dapat ditemukan pola terbaik dalam budidaya ikan koi ini. Di samping itu, kadang kala ditemukan permasalahan yang sama antara satu breeder dengan breeder yang lain. Sehingga terbukanya informasi lewat sharing-sharing ini dimungkinkan dapat menjadi solusi dan percepatan dalam menemukan solusi permasalahan yang ada.

Nah, Demikianlah beberapa gambar ikan koi termahal yang pernah ada dalam acara lelang terbesar di dunia.

Bagaimana? Apakah ada informasi menarik lagi yang layak kita diskusikan? Silahkan meninggalkan pesan anda di kolom komentar.

Terkait dengan:

  • ikan koi tercantik di dunia
  • ikan koi termahal
  • lukisan ikan koi termahal
  • https://www ikankoi org/gambar-ikan-koi-termahal-di-dunia-yang-pernah-ada/
  • ikan koi terbesar
  • jenis koi termahal
  • ikan koi termahal di dunia
  • jenis ikan koi termahal
  • harga ikan koi termahal
  • lukisan koi termahal

Leave a Reply