Budidaya ikan koi di kolam sekaligus sebagai tema desain taman

Mana yang benar? ada yang bilang ikan koi bagus di akuarium? atau apakah lebih baik ikan hias ini dibudidayakan di dalam kolam?

Hemmm… Jika soal selera, mungkin bisa berbeda-beda tergantung selera orang. Tetapi jika mencoba memahami karakter ikan, tampaknya pilihan yang kedua lebih baik.

Di dalam kolam tanah, ikan koi dapat tumbuh, berkembang, secara lebih alami.

Hal lainnya, mengapa memelihara ikan koi dalam kolam lebih baik adalah bahwa ikan koi adalah ikan hias, yang akan muncul keindahannya jika tampak dari atas. Keindahan koi adalah pada punggungnya. Koi tampak indah dari atas, bukan dari samping. Sehingga di aquarium, keindahan ikan koi tidak akan dapat dinikmati secara maksimal. Pada artikel sebelumnya, telah kita bahas mengenai cara memelihara ikan koi di aquarium.

Dengan demikian, di dalam kolam, ikan koi dapat memperlihatkan penampilan terbaiknya. Apalagi jika didukung oleh desain kolam ikan yang indah dan representatif.

Ikan koi dalam kolam taman

Ikan koi dalam kolam taman

Desain kolam ikan koi adalah suatu hal yang sangat penting untuk memaksimalkan keindahan ikan, sekaligus untuk tampilan keseluruhan taman, jika kolam ikan diletakkan di taman. Pada bagian akhir dari artikel ini akan disajikan beberapa contoh desain kolam ikan koi di taman, dengan harapan ini dapat menjadi inspirasi buat kita semua.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi ikan koi di group FB Diskusi Ikan Koi

Bergabung Group, KLIK

Meskipun begitu, selain pertimbangan desain kolam, tetap harus diperhatikan faktor-faktor yang lain untuk mendapatkan produksi ikan koi yang baik dan berkualitas, misalnya kondisi air, suhu, filter, dan lain sebagainya.

Ukuran dan kedalaman kolam adalah salah satu hal yang penting untuk budidaya ikan koi dalam kolam. Kondisi air yang cocok, pola makan ikan koi yang teratur juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Secara umum, langkah-langkah memlihara ikan koi di dalam kolam dari awal sampai tahap akhir dapat kita kelompokkan ke dalam bagian-bagian berikut:

  • Pembuatan kolam
  • Mengatur sirkulasi air kolam
  • Tanaman pendukung kolam ikan koi
  • Pemilihan ikan koi
  • Karantina ikan koi yang baru dibeli
  • Pola makan ikan koi dalam kolam
  • Pemilihan indukan ikan koi
  • Perkawinan ikan koi (dalam hal ini mungkin penting bagi anda untuk tahu tentang jenis-jenis ikan koi)
  • Pemijahan ikan koi
  • Karantina ikan koi yang terkena penyakit

Namun, karena bahasan itu akan menjadi sangat panjang, beberapa point akan dibahas pada bagian tersendiri. Dan untuk bagian tulisan ini, kita akan membahas secara khusus mengenai kolam ikan koi yang baik.

KOLAM IKAN KOI YANG BAIK

Kedalaman kolam

Meskipun ikan koi dipelihara untuk dinikmati keindahan punggungnya, bukan berarti kolam dibuat dangkal agar ikan mudah terlihat.

Kolam yang terlalu dangkal, misalnya kurang dari 50 cm, tidak bagus untuk pertumbuhan ikan koi. Ikan tidak bisa besar secara maksimal. Dan dalam waktu yang lama, tubuh koi akan menjadi bengkok, sehingga berkuranglah keindahan ikan koi.

Alangkah lebih baiknya, kolam ikan koi dibuat lebih dalam. Untuk menyiasati agar ikan koi dapat tetap terlihat dan dinikmati, maka usahakan membuat air tetap bersih dan jernih, sehingga ikan koi tetap dapat terlihat.

Minimal 50 cm lah untuk kedalaman kolam ikan koi. Lebih dalam lebih baik. Kurang lebih 1 meter sampai 2 meter adalah ukuran kedalaman yang baik.

Kolam yang terlalu dangkal juga membuat kotoran ikan menjadi terlalu banyak. Kandungan amonia dalam kotoran ikan dalam jumlah banyak dapat membuat air menjadi tidak sehat, dan bersifat racun bagi ikan.

Bisa saja kolam ikan dibuat di atas permukaan tanah, misalnya dengan membuat tembok, tetapi akan lebih baik model kolam ikan koi adalah di bawah permukaan tanah. Dengan menggali tanah. Ini untuk lebih memaksimalkan jangkauan pandangan kita untuk menikmati bagian paling indah dari ikan koi, yaitu bagian punggungnya.

Di samping itu, lokasi di bawah tanah penting untuk menjaga suhu kolam lebih stabil. Seringkali perbedaan suhu antara siang dan malam begitu menyolok. Sehingga kedalaman kolam yang memadai dapat mengurangi efek perubahan suhu itu. Ini baik untuk ikan koi.

Ukuran luas

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk luas kolam ikan koi. Karena ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang ada.

Nantinya, jumlah ikan koi yang akan dimasukkan dalam kolam juga perlu diperhitungkan sesuai ukuran kolam.

Sistem filter

Dua faktor penting yang diperlukan untuk membuat kolam ikan koi yang sehat, yaitu:

  • Sumber oksigen yang sehat, dan
  • Filter air untuk kebersihan air

Oksigen dapat dihasilkan dari pergerakan air. Kita bisa mengkondisikan aliran air, misalnya membuat air terjun kecil, pancuran, atau apa saja yang menghasilkan riak kecil pada kolam.

Umumnya, filter air pada kolam ikan terdirid ari filter mekanik dan filter biologis.

Filter mekanik

Bagian-bagian filter mekanik yang sering digunakan pada kolam ikan koi adalah:

  • Skimmers, adalah sistem filter yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang mengapung pada permukaan kolam. Pada prinsipnya, ia menggunakan aliran air di dalam kolam.
  • Bottom drain, lubang pembuangan air yang ada di dasar kolam. Berfungsi membersihkan kotoran yang ada di dasar kolam.
  • Vortex chamber, biasanya terhubung dengan bottom drain. Air dialirkan ke ruangan seperti tandon yang terbuka dengan terhubung dengan udara luar. Ruang tandon vortex terletak sebelum air dialirkan ke filter biologis.
  • Rotary drum filter, yaitu bagian yang menyaring kotoran secara langsung untuk dibuang secara langsung.

Filter biologis

Sistem filter mekanik itu penting, untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air. Tidak hanya itu, sistem filter juga harus menjamin kolam dari zat-zat kimia yang dapat membahayakan ikan koi.

Maka dalam hal ini, perlu dilakukan sistem filter biologis.

Pada intinya, cara kerja filter biologis adalah menghasilkan bakteri pengurai di dalam kolam secara lebih banyak dan terkonsentrasi pada suatu media yang disediakan. Media yang digunakan sebagai filter biologis bisa beragam, yang penting memiliki penampang yang cukup luas dan memiliki rongga yang sekecil mungkin.

Salah satu yang sering digunakan sebagai media filter biologis adalah kerikil atau pasir kasar.

Air bersih yang dihasilkan oleh filter biologis sebaiknya dijauhkan sedapat munking dari saluran pembuangan, agar air bersih dapat terdistribusi secara merata ke seluruh bagian dari kolam ikan koi.

Gambar contoh filter biologis

Contoh gambar filter biologis

Contoh gambar filter biologis

Filter biologis dengan tanaman

Filter biologis dengan tanaman

Menghilangkan alga penyebab warna hijau pada kolam

Salah satu kotoran kolam adalah seringnya kolam menjadi berwarna hijau. Penyebabnya adalah tumbuhnya alga di dalamnya.

Tampaknya ini dapat mengganggu keindahan dan kejernihan kolam.

Untuk menghilangkannya, anda bisa menggunakan lampu UV yang dapat diletakkan di saluran keluar dari filter biologis.

Lokasi kolam ikan koi

Berikut ini tips untuk mendapatkan posisi kolam ikan yang baik:

  1. letakkan kolam di dekat rumah, jika di area taman, usahakan sedekat mungkin dari rumah agar keindahannya dapat dinikmati dengan mudah
  2. hindari di bawah pohon, agar kotoran seperti daun dan ranting tidak mudah mengotosi kolam ikan
  3. hindari tempat yang tidak aman, terlalu terbuka, dan terlalu mudah dijangkau orang luar

Bentuk kolam ikan koi

Mengenai bentuknya sebenarnya tidak ada patokan yang baku. Yang penting tidak ada daerah atau area mati yang disebabkan oleh bentuknya.

Daerah mati kolam ikan adalah daerah yang tidak dilewati aliran air, misalnya jika ada sudut kolam 90 derajat. Area-area seperti ini tidak terjadi aliran air.

Bagian dasar kolam sebaiknya dibuat miring, ini untuk memudahkan kotoran ikan berkumpul dan mudah dibersihkan.

Hindari benda tajam di dalam kolam, agar ikan tidak mudah terluka saat bergerak secara ekstrim.

Siapkan pipa pengisian agar mudah dilakukan penambahan volume air apabila air kolam menguap atau meresap dalam jangka waktu tertentu.

Pastikan juga terdapat overflow, yang berfungsi untuk mengeluarkan air kolam apabila telah melebihi batas yang ditentukan.

Pada bagian dasar kolam, biasanya terdapat bottom drain. Yaitu lubang yang diperlukan untuk menguras air kolam secara total. Hal ini biasanya dilakukan untuk membersihkan kolam secara berkala.

Sedangkan mengenai desain-desain kolam ikan koi yang baik untuk taman, berikut ini kami sajikan beberapa contoh desain kolam koi. Semoga desain-desain ini dapat menginspirasi anda untuk membuatnya.

CONTOH DESAIN KOLAM IKAN KOI UNTUK TAMAN

Contoh desain kolam ikan koi terkesan modern di taman teras dekat  rumah

Contoh desain kolam ikan koi terkesan modern di taman teras dekat rumah

Contoh gambar desain kolam ikan koi dengan tepi dari batu

Contoh gambar desain kolam ikan koi dengan tepi dari batu

Gambar contoh desain kolam koi dekat dengan teras rumah

Gambar contoh desain kolam koi dekat dengan teras rumah

Ide desain kolam ikan koi di dalam area dekat rumah

Ide desain kolam ikan koi di dalam area dekat rumah

Kolam ikan koi dalam taman yang sejuk dan rimbun dengan pohon besar di atasnya

Kolam ikan koi dalam taman yang sejuk dan rimbun dengan pohon besar di atasnya

Taman kecil dengan kolam ikan koi yang indah

Taman kecil dengan kolam ikan koi yang indah

Itu adalah contoh-contoh desain kolam ikan di taman yang indah. Sebenarnya, banyak sekali ide yang bisa anda kembangkan sendiri. Yang penting itu sesuai dengan kondisi tempat anda membuat kolam ikan koi.

Sebenarnya, yang lebih penting dari desainnya adalah kelengkapan dari kolamnya. Ini yang perlu lebih kita perhatikan.

Setelah kolam ikan koi secara lengkap dapat memenuhi kebutuhan hidup ikan koi dengan baik dan sehat, maka yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ikan koi di dalam kolam taman adalah pola makan ikan.

Usahakan memberi makan ikan secara teratur.
Memberi makan ikan juga mendekatkan sang pemilik kepada ikan kesayangannnya.
Ikan yang diberi makan secara teratur dapat menjadi lebih jinak dan akrab.

Perhatikan juga kesehatan ikan koi. Ini adalah suatu hal yang serius. Tak jarang, ikan koi mendapatkan serangan penyakit. Sehingga penting juga anda mengetahui beberapa jenis penyakit ikan koi yang sering menyerang.

Pada bagian lain, secara khusus kita akan menjelaskan beberapa panyakit pada ikan koi.

Ikan yang sehat akan menghasilkan keturunan yang sehat juga. Proses perkawinan ikan koi dapat terjadi jika kondisi ikan sehat.

Pembudidayaan ikan koi untuk menghasilkan bibit ikan koi super sangat didasari pada kesehatan ikan koi.

Memproduksi ikan koi dengan kualitas super adalah hal menarik. Banyak sekali seluk beluk dan pengalaman yang terjadi dan kadang ini menjadi pembicaraan yang menyenangkan diantara para penggemar ikan koi.

Nah, untuk itu, sharing dan berbagai cerita pengalaman terhadap ikan koi dapat anda lakukan di kolom komentar dari website ini. Semoga dengan begitu dapat menjadi pelajaran juga bagi orang lain. Pertukaran informasi seputar budidaya ikan koi ini juga penting untuk terus memperkaya pemahaman setiap orang yang ingin ekspert dalam budidaya koi, mengingat tidak semua orang memiliki pengalamam breeding ikan koi yang sama.

Terkait dengan:

  • gambar kolam ikan koi

2 Comments

  1. adi October 1, 2017
    • Ikan Koi Lover October 24, 2017

Leave a Reply