Cara memilih cat dinding kolam ikan koi yang baik

Untuk memilih warna cat dinding ikan koi adalah suatu hal yang mudah. Tetapi, seringkali ini membingungkan karena banyak pilihan warna. Hanya saja, perlu dipertimbangkan estetis dari tampilan yang akan dihasilkan nantinya.

Ikan koi adalah ikan yang dinikmati keindahannya karena warnanya. Sehingga perpaduan dengan warna lingkungan, dalam hal ini kolam adalah sangat penting diperhatikan. Simak juga berbagai desain kolam ikan koi untuk memaksimalkan keindahan ikan koi.

Warna alami untuk dasar dan dinding kolam

Kolam yang memiliki nuansa alami, biasanya menggunakan dasar batu-batuan. Dan untuk model seperti ini, tampaknya warna alami akan cocok. Artinya, jika dasar batu-batuan berwarna hitam, maka, mencari warna cat dinding yang mirip dengan dasarnya tampaknya akan cocok.

Warna hitam

Warna hitam adalah warna yang netral. Warna ini juga akan kontras dengan warna tubuh ikan koi yang biasanya berwarna cerah. Dengan memilih warna hitam, ini akan menjadi background bagi warna ikan koi sehingga ikan akan tampak lebih jelas, tajam, dan tidak samar dengan warna yang lainnya.

Dengan demikian, ikan koi akan menampilkan warna tubuhnya secara maksimal. Warna ini rekomended deh pokoknya.

Warna cat dinding kolam koi

Pertimbangkan warna biru

Namun, untuk memberikan kesan warna biru pada air, kita bisa menggunakan cat dinding berwarna biru saja. Tapi ya kembali pada selera masing-masing. Yang penting, pemilihan warna cat dinding kolam dirasa sesuai dan membuat ikan merasa nyaman.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi ikan koi di group FB Diskusi Ikan Koi

Bergabung Group, KLIK

Warna hijau

Beberapa orang juga memiliki pengalaman yang berbeda. Warna air kolam lama kelamaan akan menjadi sedikit hijau karena ditumbuhi ganggang atau lumut. Maka, sangat disarankan juga memilih warna yang sesui dengan warna ini, yaitu warna hijau.

Memang ada benarnya juga. Apapun warna cat yang dipilih, lama kelamaan akan sedikit berubah menjadi kehijauan karena terkena pengaruh tumbuhnya lumut di permukaannya.

Yang juga perlu diperhatikan, Seringkali, warna yang tidak umum dapat membuat ikan menjadi tidak nyaman dan takut.

Cat dinding kolam yang cocok untuk menumbuhkan lumut

Untuk membuat ekosistem kolam ikan koi ini seperti kondisi alamnya, maka perlu membiarkan lumut dapat tumbuh di dasar dan dinding kolam. Nah, dengan keadaan ini, membiarkan dinding kolam tanpa cat tampaknya merupakan pilihan yang bijak.

Warna alami tanpa cat, membuat permukaan dinding kolam mudah ditumbuhi lumut. Dan ini baik untuk ikan koi.

Memilih warna keramik, tak perlu bingung pilih cat

Alternatif lain dalam memilih warna adalah dengan memilih bahan dinding kolam koi. Kita bisa menggunakan keramik. Dengan memilih warna keramik, secara tidak langsung kita telah memilih warna dinding kolam. Dengan demikian, tidak perlu memikirkan lagi cat apa yang akan dioleskan pada permukaan kolam.

Jika menginginkan kolam tampak bersih, maka anda bisa memilih keramik warna putih. Menilik warna umum populer untuk kolam adalah hijau tua, biru, dan hitam, maka anda bisa menggunakan pertimbangan itu untuk memilih warna keramin yang ingin digunakan sebagai pelapis dinding kolam.

Tips mengecat dinding kolam ikan koi

Berikut ini adalah tips saat mengecat kolam ikan koi:

  1. Gunakan cat yang mengguankan bahan dasar air, bukan bahan thinner karena lebih aman.
  2. Pilih cat dengan kualitas bagus sehingga tidak mudah mengelupas.
  3. Pilih cat yang mengandung unsur acrylic atau anti air. Inilah perbedaan cat untuk kolam dengan cat untuk dinding biasa.
  4. Pastikan dinding kolam dalam keadaan kering saat melakukan pengecatan agar menempel secara sempurna.
  5. Usahakan dinding yang akan dicet dalam keadaan benar-benar bersih.
  6. Lakukan pengecatan hingga tiga lapis. Lapisan pertama tipis saja, lakukan secara merata. Baru setelah kering, lakukan pelapisan cat kedua. Tunggu kering lagi, baru lakukan pengecatan lapisan ketiga.
  7. Tunggu hingga benar-benar kering catnya sebelum memasukkan air kedalam kolam. Biasanya 2 sampai 3 hari.
  8. Setelah kering, pastikan tidak ada kebocoran dalam kolam. Isikan air dalam kolam. Bersihkan dengan lap untuk membuat bau cat dalam kolam. Kemudian buang semua air ini lagi.
  9. Setelah itu, isi dengan air, pastikan filter berjalan dengan lancar, dan biarkan filter bekerja 1-3 hari untuk memastikan kolam benar-benar bersih. Perhatikan informasi tentang filter ikan koi disini.
  10. Biarkan kolam tanpa ikan kurang lebih 2 minggu sampai 1 bulan. Baru setelah jangka waktu itu, kita boleh memasukkan ikan koi dalam kolam. Jangan langsung memasukkan ikan dalam kolam yang baru dicat agar tidak terkena resiko ikan mati.

Simak juga artikel terkait tentang cara membuat kolam ikan koi yang baik untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

Nah, itulah diantara beberapa hal penting tentang cara memilih warna cat dinding ikan koi dan teknis pengecatannya. Apakah anda memiliki permasalahan yang perlu kita diskusikan? Jika iya, silahkan mengisi kolam komentar di bawah ini. Terima kasih.

Terkait dengan:

  • kolam koi
  • cat kolam
  • cat kolam ikan
  • cat kolam ikan yang bagus
  • cat untuk kolam ikan
  • https://www ikankoi org/cara-memilih-cat-dinding-kolam-ikan-koi-yang-baik/
  • cat untuk kolam
  • cat kolam koi
  • cat kolam ikan koi
  • warna cat kolam ikan minimalis

One Response

  1. Diener Indonesia March 20, 2017

Leave a Reply