Cara membuat kolam ikan koi desain minimalis di depan rumah

Duduk di teras rumah, bersantai menikmati secangkir kopi, sejuknya embun bercampur mentari pagi, mensyukuri keindahan hijaunya taman, dan indahknya kolam ikan koi berwarna-warni.

Terbayang nggak nikmatnya? Hemmm…

Itulah sekilas gambaran indahnya memiliki kolam ikan di taman depan rumah kita.

Nah, bagaimana cara dan langkah-langkah membuat kolam ikan koi di depan rumah kita secara mudah, sederhana, dan menggunakan desain minimalis yang tidak memakan tempat? Berikut ini kita bahas dalam paparan yang kami upayakan selengkap mungkin. Semoga ini dapat membantu.

Persiapan alat dan bahan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah konsep dari kolam ikan yang akan kita buat. Kemudian mengenai alat dan bahan yang diperlukan, sama halnya peralatan yang diperlukan untuk pertukangan.

Misalnya, kita memerlukan alat penggali seperti cangkul dan sekop, meteran, cethok, waterpass, dan lain-lain yang sekiranya diperlukan.

Mengenai bahan yang diperlukan seperti umumnya membuat bangunan, batu bata, semen, pasir, batu, kapur, cat dinding, dan perlengkapan lainnya.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi ikan koi di group FB Diskusi Ikan Koi

Bergabung Group, KLIK

Kita juga perlu menyiapkan tanaman air untuk hiasan kolam ikan koi nanti saat sudah siap. Hiasan-hiasan kolam mungkin saja bisa kita tambahkan nanti.

Dalam persiapan membuat kolam ikan koi minimalis di depan rumah kita, sama seperti hendak membuat kolam ikan besar pada umumnya, kita juga perlu memperhatikan jenis tanah disana.

Apakah tanah berbatu, tanah pasir, tanah liat, atau jenis tanah lainnya. Mungkin saja kita memerlukan alat dan perlengkapan lain untuk menyesuaikan jenis tanah ini saat membuat galian.

Jika anda tidak bisa membuat sendiri, anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang bisa anda datangkan ke rumah anda, tentu dengan diskusi yang melibatkan ide dari anda juga.

Ukuran kolam ikan koi di depan rumah

Ukuran kolam bisa bervariasi tergantung lokasi. Ini menyesuaikan kondisi halaman rumah atau teras anda.

Kolam bisa dibuat memanjang, melingkar, atau persegi, atau bentuk tidak beraturan sesuai dengan dekorasi yang anda inginkan.

Hanya saja, yang perlu diperhatikan, hindari terbantuknya daerah mati pada kolam. Daerah mati adalah daerah yang sulit mendapatkan aliran air saat air kolam digerakkan. Daerah mati misalnya di pojok-pojok kolam yang bersudut 90 derajat. Jika terpaksa terbantuk, anda bisa mengakali keadaan tersebut misalnya dengan membuatnya dengan tepian miring, atau meletakkan pancuran air di daerah-daerah mati ini nantinya.

Contoh gambar desain kolam ikan koi

Untuk kolam ikan koi, bagusnya dengan kolam di bawah permukaan tanah. Desain kolam di atas permukaan tanah, atau sebagian di atas permukaan tanah, tidak membuat punggung ikan koi terlihat secara sempurna. Dan ini mengurangi kenikmatan melihat keindahan ikan koinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar desain kolam ikan koi minimalis di halaman rumah. Semoga dapat menginspirasi anda saat membuat konsep dan menyesuaikannya untuk kondisi rumah anda sendiri.

Kolam ikan koi terlihat dasar kolamnya, image: homestrendy.com

Kolam ikan koi terlihat dasar kolamnya, image: homestrendy.com

Kolam koi bentu melingkar di depan rumah

Kolam koi bentu melingkar di depan rumah

Indahnya teras rumah dengan kolam ikan koi, image: homeanddecor.org

Indahnya teras rumah dengan kolam ikan koi, image: homeanddecor.org

Ide yang bisa diterapkan sebelum mendesain milik anda sendiri, sumber gambar: davinong.com

Ide yang bisa diterapkan sebelum mendesain milik anda sendiri, sumber gambar: davinong.com

Minimalis sederhana tapi terkesan modern, image: decoist.com

Minimalis sederhana tapi terkesan modern, image: decoist.com

Dasar kolam ikan koi

Dasar kolam ikan koi, hendaknya dibuat sedikit miring.

Ini bertujuan memudahkan aliran air saat nanti dilakukan pengurasan, atau penggantian air.

Di samping itu, dasar kolam ikan yang miring, memungkinkan kotoran ikan dapat berkumpul di suatu tempat tertentu. Tempat yang paling rendah. Sehingga memudahkan juga saat membersihkannya nanti.

Yang perlu diperhatikan juga, usahakan membuat dasar kolam ikan tidak ada permukaan yang kasar. Agar tidak memungkinkan gesekan yang melukai tubuh ikan koi saat melakukan gerakan yang ekstrim. Permukaan dasar kolam yang tidak kasar, juga tidak berbahaya bagi sang pemilik kolam saat membersihkannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada kolam koi adalah saluran pembuangan. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa backwash (pencucian atau penggantian air kolam) adalah suatu hal yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ikan koi.

Saking pentingnya, dalam kolam lebih canggih lagi, penggantian air kolam dilakukan secara otomatis menggunakan sistem air mengalir.

Lubang pengeluaran air, biasanya diletakkan di dasar kolam. Atau diletakkan di bagian paling dalam dari kolam agar air dapat keluar secara total.

Teknis pengerjaan pembuatan kolam

Buatlah galian dengan ukuran yang dan bentuk seperti yang telah anda tetapkan.

Setelah galian terbantuk, pasangkan tatanan batu bata dengan pasir dan semen yang telah disediakan.

Atur posisinya sedemikian rupa sesuai desain yang direncanakan.

Setelah selesai, lapisi dengan adonan semen yang telah disediakan.

Usahakan adonan semen lebih banyak agar kolam tidak bocor. Jika perlu, gunakan pelapis khusus anti bocor atau waterproof yang secara khusus diperuntukkan untuk kolam.

Bagian dinding dan dasar kolam dapat digunakan keramik mozaik. Tentu ini akan lebih indah dan baik.

Berikut ini adalah sebuah tayangan yang menarik mengenai cara membuat kolam ikan di depan rumah secara minimalis dan cantik.

Untuk membuat kolam ikan koi dengan dasar terpal atau lapisan plastik dapat anda lihat pada video berikut ini. Ini juga menjadi salah satu cara alternatif yang cepat untuk membuatnya di depan teras rumah kita.

Pemilihan cat kolam ikan koi

Pemilihan cat warna putih pada dinding kolam ikan tampaknya akan membuat ikan terlihat bagus. Tetapi jika kolam ikan kita menggunakan lapisan dinding keramik, tampaknya pengecatan ini tidak diperlukan.

Saluran pemasukan air dapat kita buat dari pipa yang terhubung dengan pengisi air, misalnya kita menggunakan pompa air listrik untuk mengisi air kolam ikan koi.

Pemasangan filter ikan koi

Untuk simpelnya, kita menggunakan sistem pompa mekanik agar lebih mudah dibuat dan cepat. Kita gunakan pompa untuk menyedot air yang akan difilter, kemudian memasukkan air ke dalam bak yang di dalamnya telah kita berikan bahan filter.

Filter air kolam dapat kita beli di toko ikan. Atau jika kita ingin lebih alami, dapat digunakan filter biologis seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya, cek disini.

Pemasangan lampu kolam ikan koi

Sebenarnya ini tidak harus. Mengingat lokasi kolam ikan koi yang dibuat berada di depan rumah, yang biasanya sudah memiliki lampu penerangan sendiri.

Namun, untuk memaksimalkan pemandangan saat malam hari, lampu kolam ikan ini boleh lah ditambahkan sesuai selera anda.

Estimasi biaya membuat kolam ikan koi sederhana

Menganai biaya, sebenarnya sangat relatif. Dari yang telah kita paparkan di atas, adalah relatif lebih kecil. Tetapi, model kolam dengan sistem yang lebih kompleks lagi tentu akan membutuhkan estimasi biaya yang lebih tinggi.

Tampaknya, untuk sementara ini yang dapat kita berikan catatan berkaitan dengan membuat kolam ikan sederhana minimalis di depan rumah. Jika anda merasa ini belum lengkap dan memerlukan tambahan penjelasan, mohon tambahkan saran anda dalam kolom komentar di bawah ini. Dengan senang hati akan kami respon, sebagai masukan untuk menambah kelengkapan informasi dalam artikel ini. Dan untuk itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Terkait dengan:

  • kolam ikan koi
  • kolam ikan
  • cara membuat kolam ikan minimalis
  • kolam ikan minimalis
  • https://www ikankoi org/cara-membuat-kolam-ikan-koi-desain-minimalis-di-depan-rumah/
  • kolam ikan kecil di teras rumah
  • cara membuat kolam minimalis
  • cara membuat kolam ikan
  • cara membuat kolam ikan hias minimalis
  • cara membuat filter kolam ikan minimalis

2 Comments

  1. eko February 6, 2017
  2. Haris July 27, 2017

Leave a Reply