Cara memilih ikan koi untuk ikan hias, kontes, dan membedakan jantan betina

Salah satu masalah bagi pemula untuk membudidayakan ikan koi adalah masalah pemilihan ikan koi yang baik dan berkualitas. Ikan koi super dan unggul memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh ikan koi biasa.

Dari segi harga, tentu berbeda jelas. Ikan koi super bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan ikan koi biasa, dengan ukuran yang sama, hanya beberapa puluh ribu saja. Bahkan jika ukurannya kecil, harganya bisa sangat murah.

Koi Super

Koi Super

Cara memilih ikan koi sebagai ikan hias

Untuk keperluan koi hias, di kolam atau di aquarium, berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara memilih ikan koi yang baik:

1. Pilihlah bentuk tubuh ikan koi yang ideal. Idealnya, perbandingan panjang dan tinggi tubuh ikan koi adalah 1:2 atau 1:3. Jadi, jika dilihat dari atas, tubuh ikan koi akan terlihat bulat memanjang dan tidak terlalu gemuk.

2. Usahakan memilih ikan koi yang memiliki garis punggung lurus, atau tidak melengkung.

3. Ikan koi yang baik memiliki gaya berenang yang seimbang, karena memiliki pasangan sirip yang seimbang kanan dan kiri, juga memiliki garis tubuh seimbang. Hal ini dikenal ikan koi tersebut memiliki jitai yang baik.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi ikan koi di group FB Diskusi Ikan Koi

Bergabung Group, KLIK

4. Pilihlah ikan koi yang memiliki sirip dada dan sirip perut yang sama besarnya.

5. Pilihlah ikan koi yang memiliki ukuran sirip punggung dan sirip ekor yang proporsional, seimbang, dan sesuai dengan panjang dan tinggi ikan koi. Usahakan sirip punggung ikan koi tegak, tidak miring, atau jatuh, ke kiri atau ke kanan.

6. Bentuk kepala, yang meliputi bagian mata, mulut, dan insang harus proporsional dan serasi. Jangan memilih hidung ikan koi yang terlalu mancung, atau terlalu masuk sehingga tenggalam dalam timbunan daging.

7. Perhatikan jika hidung terlalu terbuka, bisa jadi ikan koi tersebut pernah mengalami suatu penyakit, terutama penyakit pada insang.

8. Pilihlah ikan koi yang memiliki warna cerah dan kontras. Batas pola warna yang jelas adalah baik bagi ikan koi. Misalnya, untuk jenis ikan koi kohaku, warna merahnya tampak cerah, dan warna putihnya seputih salju. Tidak ada warna lain, atau merahnya tidak kekuningan.

Baca tentang kriteria kohaku yang baik disini, jenis-jenis ikan koi.

Pada intinya, ikan koi yang baik harus jelas memiliki jenis apa, dengan memiliki atau memenuhi kriteria yang ditentukan dari suatu jenis ikan koi.

9. Pilih ikan koi yang sehat. Hindari ikan koi yang tampak lesu, tampak lambat gerakan berenangnya, berenang limbung tidak seimbang, atau banyak diam di dasar kolam. Insang yang bergerak terlalu cepat, menandakan ikan sedang kesulitan bernapas, yang kemungkinannya ikan ini sedang tidak sehat.

10. Ikan koi yang baik, senang berkumpul dengan kawanannya. Hindari perilaku ikan koi yang cenderung senang menyendiri atau menjauhi kawannya. Kemungkinan ikan koi tersebut sedang sakit, atau memiliki kebiasaan yang tidak baik untuk digunakan sebagai ikan hias.

Lukisan ikan koi, image: artliagallery.com

Lukisan ikan koi, image: artliagallery.com

Cara memilih ikan untuk lomba atau kontes koi

Untuk keperluan lomba atau kontes, kriteria ikan koi akan semakin ketat. Karena bukan hanya yang kita sukai sendiri, tetapi juga harus memenuhi kriteria dan kualitasnya. Harus sesuai standart penjuriannya.

Pada umumnya level kualitas ikan koi dapat dikelompokkan dalam 3 level sebagai berikut:

1. Pond Quality

Pada tingkatan ini adalah kelompok ikan koi yang diperoleh melalui proses penyortiran dari breeder koi, toko ikan hias, atau peternek ikan koi. Sebagian besar jenis ikan koi dibesarkan secara lokal dengan garis darah campuran, serta tidak ada histori yang tercatat sebelumnya.

Tidak diketahui siapa breedernya pada level ini. Meskipun begitu, kadang juga diperoleh ikan koi yang indah dan menarik. Pada umumnya, harganya pada level ini cukup murah, dan tidak digunakan sebagai ikan lomba atau kontes.

2. Ornamental Quality

Pada kelompok level ini, ikan koi mempunyai catatan garis darah yang dapat dipertanggung jawabkan. Ikan koi pada kualitas ini memiliki bentuk tubuh yang baik, dan warna yang indah.

Ikan koi ini juga tidak bisa diikutkan dalam lomba karena biasanya tidak memiliki pola warna yang serasi seperti pada kualitas kontes. Kebanyakan ikan koi memiliki pola warna yang tidak seimbang dengan banyak kesalahan, meskipun tetap terlihat indah dan menarik.

Pada kualitas ini, ikan koi dapat dijadikan sebagai indukan yang baik, dan harganya tidak semahal kualitas kontes.

3. Show Quality

Adalah ikan dalam kriteria layak kontes. Secara umum kriteria jenis ini adalah:

  • Bentuk tubuhnya bagus, biasanya menyerupai torpedo dengan kualitas warna yang cerah cemerlang.
  • Kulit sisik tampak mengkilap
  • Kiwa yang tajam, batas tegas antar warna
  • Warna merata
  • Pola seimbang

Tiap jenis ikan koi memiliki kriteria show quality masing-masing. Simak bagaimana tiap jenis ikan koi memiliki kriteria super nya disini.

Cara memilih bibit ikan koi

Hal paling penting untuk memilih ikan koi adalah berasal dari breeder yang baik dan terpercaya. Jika memungkinkan, usahakan membeli bibit ikan koi dari indukan yang memiliki garis keturunan yang jelas.

Keperluan dari pemilihan bibit juga menentukan sekali. Memilih bibit untuk keperluan ikan kontes, tidak sama dengan memilih ikan koi sebagai ikan hias anda sendiri.

Memilih bibit ikan koi yang akan digunakan sebagai ikan kontes memiliki persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan jika akan digunakan sebagai ikan hias biasa.

Tidak hanya keindahan yang disukai sendiri, tetapi ikan koi untuk keperluan kontes harus mengikuti standart penjurian kontes ikan koi.

Tetapi, secara umum untuk memilih bibit ikan koi yang baik, yang perlu diperhatikan adalah indukan yang jelas, kondisi kesehatan kolam breeder indukan, dan keindahan warna ikan koi yang akan kita pilih. Untuk mengetahui kualitas pemeliharaan ikan koi yang baik setidaknya perlu diketahui parameter-parameter dalam kolam yang diperlukan. Pada saat anda membeli bibit ikan koi, setidaknya anda perlu memeriksa kondisi kesehatan ikan koi di dalam kolam, perhatikan dan pastikan tidak ada ikan yang terkena gejala sakit, jika anda ingin mengetahui gejala ikan yang sakit, coba baca artikel yang telah dibahas sebelumnya berkaitan dengan penyakit ikan koi.

Disarankan membeli bibit ikan koi dengan ukuran sekitar 10 cm. Hal ini dengen pertimbangan, harganya cukup murah. Jika kita masih pemula, ukuran ini cukup ideal untuk mengetahui perkembangan ikan koi dari kecil sampai besar. Pakan yang diperlukan juga belum terlalu banyak. Perawatannya juga lebih mudah.

Bibit ikan koi

Bibit ikan koi

Cara memilih indukan berkualitas

Untuk menghasilkan bibit ikan koi yang baik, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan induk ikan koi yang bagus.

Memilih ikan koi jantan dan betina sebagai indukan yang baik hendaknya koi yang telah matang dan cukup dewasa. Hal ini ditandai dengan postur tubuh yang telah memadai.

Syarat indukan jantan adalah cukup matang untuk dapat menghasilkan sel sperma, sedangkan pada indukan betina sudah mampu menghasilkan sel telur. Indukan yang baik dapat menghasilkan sel telur dan sel sperma yang sehat.

Secara fisik, tubuh indukan yang baik memiliki tubuh yang sehat, tidak cacat, memiliki sirip dan sisik secara lengkap.

Indukan yang baik dapat bergerak secara seimbang dan tidak loyo. Keseimbangan berenang merupakan indikasi dari sirip dada dan sirip punggung yang seimbang kanan dan kirinya.

Idealnya, koi jantan yang telah matang berusia sekitar 3 tahun. Koi betina sebagai indukan, setidaknya telah berusia 2 tahun.

Umumnya, indukan koi betina berukuran lebih besar dari koi jantannya. Terlihat dari perut ikan koi betina yang tampak lebih besar dari punggungnya, sedangkan koi jantan tampak lebih langsing jika dilihat dari punggungnya.

Ciri lain dari ikan koi yang siap kawin adalah munculnya bintik-bintik berwarna putih pada tubuh koi. Tanda ini tidak muncul pada saat normal.

Indukan ikan koi yang baik juga harus memenuhi syarat untuk tiap jenis ikan koi. Ikan koi yang baik harus jelas sebagai kohaku, showa, kobbe, atau jenis lainnya.

Di samping indukan yang baik, untuk menghasilkan keturunan yang baik nantinya, hal penting yang harus diperhatikan lagi adalah cara pemijahan ikan koi. Karena ini adalah proses yang cukup memerlukan ketelitian, kita akan membahasnya pada bagian khusus dari website ini tentang cara pemijahan ikan koi.

Induk ikan koi berkualitas

Induk ikan koi berkualitas

Cara membedakan ikan koi jantan dan betina

Membedakan jantan betina koi adalah hal penting. Ini diperlukan untuk pemijahan, atau sekedar memasangkan ikan koi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Salah satu cara untuk membedakan koi jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk fisiknya, ikan koi jantan lebih ramping jika dilihat dari atas punggungnya. Sedangkan ikan koi betina memiliki perut lebih besar dari bagian punggungnya. Perhatikan gambar berikut, dengan sangat baik dapat menggambarkan perbedaan antara si jantan dan si betina.

Beda koi jantan dan betina, sumber gambar: nusantarakoi.blogspot.com

Beda koi jantan dan betina, sumber gambar: nusantarakoi.blogspot.com

Meraba pipi ikan koi adalah salah satu cara untuk membedakan ikan koi jantan dan betina. Koi jantan, pada usia lebih dari 7-8 bulan bertekstur kasar. Ikan koi betina memiliki pipi yang bertekstur selalu halus.

Cara lain untuk membedakan adalah dengan melihat bagian bawah anus ikan koi. Cairan yang keluar dari koi jantan adalah cairan sperma. Caranya adalah dengan menekan bagian bawah anus. Koi jantan akan mengeluarkan sperma berwarna putih dan agak kental, sedangkan koi betina mengeluarkan kotoran berwarna kuning dengan tekstur agak kasar.

Hal lainnya, dengan merasakan tekstur sirip ikan koi juga bisa dilakukan untuk membedakan ikan jantan dan betina. Tekstur sirip pada koi jantan akan terasa kasar dan ada sedikit butir-butir seperti pasir, sedangkan koi betina halus dan lembut.

Secara alami, tekstur sisi ikan koi jantan cenderung lebih kasar, terutama di bagian kepala. Hal ini terkait dengan perilaku koi yang kadang harus bertarung dengan sesama jantan lain untuk mendominasi tempat, atau berebut betina. Tekstur kulit koi betina terasa lebih lembut.

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab, mengapa lebih banyak kontes yang disertakan adalah koi betina. Biasanya tekstur tubuhnya lebih indah dan halus.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan koi, berkaitan dengan koi super untuk kontes, koi hias, bibit koi yang baik, dan indukan koi yang baik. Telah dibahas juga berkaitan dengan cara membedakan antara koi jantan dan betina. Jika anda mempunyai pengalaman yang dirasa perlu untuk dibagian kepada teman-teman kita yang lain, silahkan membagian pada kolom komentar di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat untuk yang lain. Terima kasih.

Terkait dengan:

  • ikan koi
  • gambar ikan koi
  • https://www ikankoi org/cara-memilih-ikan-koi-untuk-ikan-hias-kontes-dan-membedakan-jantan-betina/
  • cara membedakan koi jantan dan betina
  • foto ikan koi

Leave a Reply